Kerja Maksimal Satgas Pertamina Siaga MOR III Demi Kelancaran Mudik Lebaran

SPBU Modular atau SPBU Mini

Pulang kampung atau mudik menjadi kebiasaan dan tradisi warga Indonesia yang khususnya tinggal di kota-kota besar, mayoritas di daerah Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat menuju Jawa Tengah, Jawa Timur mapun Sumatera. Waktu puncak mudik terjadi di momen Lebaran atau Idul Fitri dan pada arus balik ke kota besar di mana menjadi tempat mencari nafkah.

 

Berbagai persiapan dilakukan para pemudik untuk sampai di kampung halaman, begitu pula dengan para petugas yang berjaga melancarkan proses mudik dan arus balik. Perjalanan pulang kampung ditempuh melalui jalur darat, udara maupun laut. Semua jalur yang diambil sudah pasti memerlukan bahan bakar yang cukup untuk sampai pada tujuannya.

 

Apresiasi Satgas Pertamina Siaga MOR III
Apresiasi Satgas Pertamina Siaga MOR III

 

Pada hari Selasa kemarin tanggal 25 Juni 2019, saya menghadiri acara Apresiasi Satgas Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III. Acara yang digelar di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat. Acara berlangsung untuk memberi apresiasi para Satuan Tugas (Satgas) Pertamina Siaga Ramadhan Idul Fitri (RAFI) 2019 yang telah menyelesaikan tugasnya.

 

Satgas Pertamina Siaga Ramadhan Idul Fitri bertugas memberikan pelayanan memenuhi kebutuhan BBM dan LPJ bagi masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 2019 mulai 21 Mei hingga 19 Juni 2019. Coba bayangkan ketika kita dalam perjalanan mudik kemudian lupa atau kesulitan mengisi bahan bakar karena jauh dari SPBU atau terjebak dalam kemacetan?

 

Inovasi Baru SPBU Modular

Kemacetan karena volume kendaaran sering ditemui pada masa mudik dan arus balik, antrian yang mengular di SPBU rest area menyebabkan tidak semua kendaraan mendapat kesempatan untuk mengisi bahan bakar. Keadaan ini membuat pemudik meneruskan perjalanannya dengan rasa panik dan was-was berharap bertemu rest area atau SPBU lain yang bisa disinggahi.

 

SPBU Modular atau SPBU Mini
SPBU Modular

 

Untuk mengantisipasi kesulitan bahan bakar di perjalanan mudik, PT Pertamina (Persero) sudah mempersiapkan layanan SPBU Modular atau SPBU Mini. Layanan ini dibuat Pertamina untuk membantu pemudik mendapatkan BBM di rest area yang belum ada layanan SPBU. BBM yang disediakan berupa Pertamax dan Pertamina Dex dengan harga yang sama seperti di SPBU lain.

 

SPBU Modular yang beroperasi di tahun 2019 ini sebagai upaya Pertamina MOR III menjawab layanan persediaan BBM bagi pemudik dengan scenario satu jalur atau one way. SPBU Modular ini telah menyalurkan BBM hampir 155 liter Pertamax selama masa Satgas Pertamina Siaga 2019.

 

Pengisian Bahan Bakar di SPBU Modular
Pengisian Bahan Bakar di SPBU Modular

 

Di wilayah Pertamina Marketing Operation Region III, area Jawa Barat disiapkan 6 unit SPBU Modular yang berada di beberapa titik jalan tol dari ruas Bekasi hingga Pejagan (perbatasan Cirebon dengan Jawa Tengah).

 

Layanan Siaga Call Center 135

Untuk menjangkau pelayanan masyarakat lebih dekat PT Pertamina (Persero) menghadirkan layanan Customer Care, Pertamina Call Center 135, sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen produk Pertamina yakni BBM, LPG dan Pelumas. Diresmikan pada awal Februari 2019, Pertamina Call Center 135 menjadi sarana untuk berinteraksi para pelanggan kepada Pertamina untuk kebutuhan informasi yang berkaitan dengan produk.

 

Memanggil Call Center 135
Layanan Call Center 135

 

Call Center 135 ini dimanfaatkan juga oleh para pemudik yang terjebak kemacetan dan kehabisan BBM. Ketika pemudik kehabisan BBM dan terjebak kemacetan atau jauh dari SPBU, gunakan saja layanan Call Center 135 dan segera petugas dari Pertamina akan menghubungi dan datang menuju lokasi yang telah diinfokan dengan BBM yang dibutuhkan.

 

Menggunakan Jasa Call Center 135 untuk diantarkan bahan bakar
Menggunakan Jasa Call Center 135 untuk diantarkan bahan bakar

 

Demi mewujudkan kelancaran pelayanan kepada pemudik, PT Pertamina (Persero) menggandeng mitra dan berbagai pihak seperti pengusaha SPBU, Aparat Kepolisian, Jasa Marga, serta layanan bisnis dari mitra Pertamina Retail dan Patra Niaga. Tidak kalah pentingnya juga tim medis yang bekerja sama dari RS Pertamina Jakarta dan RS Pertamina Cirebon.

 

Penghargaan Untuk Satgas RAFI Pertamina dan Pihak Lainnya

 SPV Marketing Retail & Sales PT Pertamina (Persero) Bpk. Jumali menilai, Satgas Pertamina Siaga RAFI 2019 telah berhasil mendukung kelancaran pasokan BBM dan LPG. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak yang selalu berkoordinasi dengan Satgas.

 

Apresiasi hasil kerja Satgas Pertamina Siaga MOR III

 

Sejalan dengan hal tersebut, General Manager Pertamina marketing Operation Region III Bpk. Tengku Fernanda mengungkapkan bahwa tantangan lain di ruas tol Jakarta – Cikampek menjadi titik awal rekayasa lalu lintas one way serta contra flow, sehingga strategi distribusi harus menyesuaikan dengan rekayasa lalu lintas tersebut supaya distribusi BBM dan LPG tetap lancar.

 

Satgas Pertamina MOR III bertugas menjalankan amanah selama mudik lebaran 2019, rela tidak libur untuk kumpul dengan keluarga atau pulang kempung demi  melayani para pemudik untuk sampai pada tujuannya. Atas keberhasilan yang dicapai, Pertamina memberikan penghargaan kepada semua pihak selama masa Satgas berlangsung

 

Pertamina memberikan apresiasi Pertamina Siaga dalam beberapa kategori yaitu :

  1. Kategori Mitra Bisnis Pertamina Siaga, yakni PT Jasa Marga Tbk, PT Lintas Marga Sedaya, PT Pertamina Retail, dan PT Pertamina Patra Niaga.
  2. Kategori Mitra Satgas Pertamina Siaga, yakni Kasatlantas Polres Indramayu, Kasatlantas Polres Subang dan Kasatlantas Polres Garut, serta Hiswana Migas DPD III. Selain itu, Rumah Sakit Pertamina Cirebon dan Rumah Sakit Pertamina Jakarta.
  3. Kategori SPBU Siaga, yakni sebanyak 16 SPBU di jalur tol maupun non tol. SPBU terpilih memberikan dukungan maksimal kepada Pertamina selama masa satgas.
  4. Kategori SPBU Modular dan KiosK Pertamina Siaga, yang memberikan dukungan penyaluran BBM bagi pemudik di titik yang tidak ada layanan SPBU yaitu di KM 130A, 130B, 86B, KM 52B dan KM 33A.
  5. Kategori Terminal BBM dan Depot LPG, yang nonstop 24 jam memenuhi pendistribusian BBM dan LPG di tengah kemacetan dan rekayasa lalu lintas.
  6. Kategori Satgas Pertamina Siaga, yang merupakan penghargaan bagi seluruh anggota tim Satgas Pertamina yang bertugas di lapangan maupun di Pusat Komando dan Pengendalian (Puskodal) Pertamina.

 

Berikut ini dokumentasi pribadi para penerima apresiasi dari PT Pertamina (Persero)

 

Penghargaan Satgas Pertamina MOR III
Penghargaan Satgas Pertamina MOR untuk beberapa kategori

 

Tidak ketinggalan para blogger yang diundang hadir mendapat apresiasi juga dalam kategori Pertanyaan terbaik, Live Tweet dan Instagram Competition pada saat acara berlangsung.

 

Apresiasi Blogger Kategori Petanyaan Terbaik, Live Tweet dan Instagram Competition
Apresiasi Blogger Kategori Petanyaan Terbaik, Live Tweet dan Instagram Competition

Apresiasi ini sebagai ungkapan terima kasih Pertamina kepada para mitranya dan pihak-pihak yang telah terlibat dan mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik. Semoga apresiasi ini menjadi semangat baru untuk bekerja lebih baik lagi ke depannya.

 

#ThankYouPertamina

 

Written by 

penyuka teknologi, gadget, fotografi, traveling dan kuliner

4 thoughts on “Kerja Maksimal Satgas Pertamina Siaga MOR III Demi Kelancaran Mudik Lebaran

  1. SPBU Modular emang bisa bikin pengisian BBM di jalan tol makin lancar. Cerita mudik emang bikin horor, terutama kalo harus antre masuk rest area. Jangan sampai cerita kehabisan BBM di jalan tol terjadi lagi ya.

    1. jangan sampe kurang persiapan, kasian keluarga yang ikut mudik jadi sengsara gara-gara susah dapet BBM. Menjemput bola dengan SPBU Modular keren sih idenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *