ROG Zephyrus Dibekali Prosesor 9th Gen Intel Core Menjadi Andalan Gamers dan Profesional

Logo ROG Silver

Laptop gaming dengan spesifikasi tinggi dan desain ringkas semakin diminati para gamer. Berbeda dengan sebelumnya, laptop gaming yang beredar mayoritas dengan desain tebal dan bobot yang cukup berat. Kali ini ASUS menawarkan sejumlah laptop gaming, salah satunya ROG Zephyrus dengan spesifikasi lebih tinggi dan desain yang lebih ringkas.

 

ROG Be Unstoppable
ASUS ROG Be Unstoppable

 

Bagi saya sebagai blogger yang hobi fotografi seringkali memerlukan gear yang mumpuni, seperti kamera maupun laptop yang mendukung aktivitas dan pekerjaan. Tidak jarang aktivitas dan pekerjaan yang dilakukan dituntut kualitas terbaik dan deadline.

 

Yak benar deadline, ngga mau kan ketika deadline menghampiri tetapi kita dihadapkan dengan laptop yang lemot dan tidak mengerti perasaan kita. Maka dari itu saya selalu merencanakan budget tersendiri untuk upgrade gear demi mendukung semua pekerjaan saya.

 

Yang menempel di pikiran saya saat ini upgrade laptop lama ke ASUS ROG Zephyrus. Kenapa ROG Zephyrus? Kebetulan pada tanggal 11 Juli 2019 lalu, saya menghadiri acara ASUS ROG ‘Be Unstoppable’ yang berlokasi di Pullman Central Park.

 

Di acara ini ASUS ROG memperkenalkan jajaran laptop gaming terbarunya. Ngga nanggung-nanggung, semua produk ROG dibenamkan prosesor terbaru 9th Gen Intel Core, prosesor anyar di dunia dan digunakan pada laptop ASUS untuk pertama kalinya. Keren!

 

ROG with 9th Gen Intel Core
ROG with 9th Gen Intel Core

 

‘Be Unstoppable’ menjadi acara spektakuler yang pernah diadakan oleh ASUS ROG, sejumlah laptop gaming terbaru diperkenalkan. Mulai dari ROG Srix G G531, ROG Zephyrus S GX502 dan ROG Mothership, gebarakan lain yang dilakukan ASUS ROG yaitu bekerjasama dengan brand otomotif BMW untuk desain laptop gaming terbaru dan brand olahraga Under Armour untuk jaket eksklusif serta Brand Ambassadornya Deddy Corbuzier. Sangat menarik bukan?

 

 

ROG X BMW
ROG X BMW

 

ROG X Under Armour
ROG X Under Armour

 

Setelah melihat jajaran laptop gaming di acara, entah kenapa saya tertarik dengan ROG Zephyrus yang bentuknya ringkas dan tipis. Pada acara ‘Be Unstoppable’ ini, ROG Zephyrus meresmikan dua variannya yaitu ROG Zephyrus S dan ROG Zephyrus M.

 

 

ROG Zephyrus S GX502, untuk Gamer dan Profesional dengan Mobilitas Tinggi

 

ROG Zephyrus S GX502
ROG Zephyrus S GX502

Layar

ROG Zephyrus S GX502 memiliki layar 15,6 inch dengan teknologi Super Narrow Bezel, teknologi yang membuat layar dengan tampilan bezel yang sangat tipis dan body laptop terlihat lebih ramping.

 

Dengan bezel yang tipis, ROG Zephyrus S GX502 memiliki layar yang berukuran 15,6 inch IPS-level resolusi FHD (1920×1080) dengan refresh rate hingga 240Hz dan response time 3ms. Tidak hanya itu, layar pada laptop gaming ini sudah mengantongi sertifikasi Pantone Validated Display sehingga bisa digunakan juga untuk para profesional dan content creator.

 

Desain

Body kokoh dan ringan ROG Zephyrus S GX502 dihasilkan dari Body yang menggunakan bahan magnesium alloy dengan struktur honeycomb reinforcement, laptop tetap kuat meski bobotnya yang ringan. Laptop gaming ini hadir dengan body 25% lebih tipis dan bobot 42% lebih ringan dari kompetitornya.

 

ROG Zephyrus S GX502 memiliki dimensi body 36 x 25,2cm dengan ketebalan 1,89cm dan bobot 1,99Kg membuat laptop ini yang lebih kecil dibanding dengan laptop 15 inchi pada umumnya. Uniknya ROG Zephyrus S GX502 menggunakan body yang dirancang agar tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari yang membuat terlihat kotor.

 

ROG Zephyrus GX502

 

Performa

Di sektor dapur pacu, ROG Zephyrus S GX502 ditenagai prosesor 9th Gen Intel Core i7-9750H dengan pilihan RAM 16GB DDR4 atau 32GB DDR4. Hadir dengan opsi chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2060 atau RTX 2070, dilengkapi storage seluas 512GB M.2 NVMe PCIe SSD.

 

Salah satu ciri khas seri ROG Zephyrus yaitu sistem pendinginnya, tidak luput disematkan pada laptop gaming ini sistem pendingin Intelligent Cooling yang menggunakan teknologi Active Aerodynamic System (AAS). ROG Zephyrus S GX502 mengusung baterai berkapasitas 76WHrs dan sanggup bertahan hingga 8 jam penggunaan.

 

 

ROG Zephyrus S GX701, Makin Powerful dengan Intel Core i7 Terbaru

 

ROG Zephyrus S GX701
ROG Zephyrus S GX701

 

Layar

ROG Zephyrus S G701 memiliki layar berukuran 17,3 inch dengan resolusi FHD (1920×1080) dengan refresh rate 144Hz dan response time 3ms. Dengan layar berbezel ultra-tipis memiliki screen-to-body ratio besar hingga 81%. Tingkat reproduksi warna pada layar laptop ini di color space sRGB sebesar 100% dan bersertifikasi Pantone.

 

Desain

Bicara mengenai ketebalan, ASUS selalu mengedepannya bentuk yang tipis tetapi kokoh. Seperti pada laptop ROG Zephyrus S GX701 ini yang memiliki ketebalan di bawah 2cm. Dibanding laptop sekelasnya, laptop ini memiliki dimensi hingga 40% lebih tipis dan 23% lebih kecil.

 

ROG Zephyrus S GX701 memiliki dimensi body 39,9 x 27,2cm dengan ketebalan 1,87cm dan berbobot 2,6Kg, tertipis di kelas laptop gaming 17 inch. Meski tipis dan ringkas, laptop gaming ini memiliki performa yang kencang yang dapat menyaingi PC Desktop.

 

ROG Zephyrus GX701

 

Performa

Dapur pacu ROG Zephyrus S GX701 ditenagai dengan prosesor 9th Gen Intel Core i7-9750H dipadukan dengan RAM 32GB DDR4 dan storage 1TB M.2 NVMe PCIe SSD. Hadir dengan GPU arsitektur Turing terbaru memiliki opsi NVIDIA GeForce RTX 2070 atau RTX 2080.

 

GeForce RTX pada laptop ini sudah dilengkapi Tensor Core yang dapat mengakselerasi performa AI. Teknologi pendingin yang unik Active Aerocooling System (AAS), dengan mekanisme membuka bagian bawah ROG Zephyrus S dan mengangkat keseluruhan body laptop sehingga memiliki rongga udara ekstra di bagian pendinginnya.

 

Terowongan anti-debu menjaga heatsink tetap bersih untuk menjaga efisiensi pendinginan dan stabilitas system. Sama dengan ROG Zephyrus S GX502, GX701 ini juga memiliki kapasitas baterai sebesar 76WHrs yang dapat bertahan hingga 8 jam penggunaan.

 

 

ROG Zephyrus M GU502, Kombinasi Performa dan Portabilitas

 

ROG Zephyrus M GU502
ROG Zephyrus M GU502

 

Layar

Dengan mengutamakan bentuk yang ringkas, laptop GU502 ini memiliki layar berbezel tipis serupa dengan ROG Zephyrus terbaru lainnya. Mengusung layar 15,6 inch dengan resolusi IPS-level FHD (1920×1080), refresh rate 144Hz, berkat teknologi NanoEdge Display bezel yang sangat tipis berukuran 6,2mm membuat tampilan screen-to-body ratio hingga 81%.

 

Desain

ROG Zephyrus M GU502 merupakan salah satu laptop gaming paling portable yang ada di pasar saat ini. Selain memiliki body yang ringkas, laptop ini hadir dengan ketebalan hanya 20mm saja. Sementara bobotnya hanya 2Kg memungkinkan laptop ini mudah masuk ke dalam tas dan nyaman dibawa bepergian, terutama untuk para gamer atau profesional dengan mobilitas yang tinggi.

 

ROG Zephyrus GU502

 

Performa

Tampil powerful, ROG Zephyrus M GU502 dengan prosesor 9th Gen Intel Core i7-9750H dikombinasikan dengan RAM 8GB DDR4 dan storage 512GB M.2 NVMe PCIe SSD. Melengkapi performa, chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti disematkan pada laptop ini.

 

Sistem pendinginan pada ROG Zephyrus GU502 ini berbeda dengan seri ROG Zephyrus pada umumnya, tidak mengusung sistem pendingin Active Aerocooling System (AAC). Sebagai gantinya, laptop ini membawa desain baru dengan sistem pendingin khusus yang dilengkapi teknologi Ant-Dust Cooling.

 

Sistem pendingin tersebut juga dilengkapi dengan saluran udara tambahan selain saluran udara di bagian bawah bodynya. Dengan demikian, laptop gaming ini tetap dapat bekerja secara optimal meski digunakan di permukaan yang tidak rata.

 

List Harga ROG Zephyrus
Harga Resmi ROG Zephyrus S dan M ROG Zephyrus

 

Berikut ini harga resminya dari ketiga laptop gaming ROG Zephyrus di atas :

ROG Zephyrus S GX502 Rp. 35.999.000

ROG Zephyrus S GX701 Rp. 48.999.000

ROG Zephyrus M GU502 Rp. 25.999.000

 

 

Kesimpulan

ROG Zephyrus S GX701 merupakan seri tertinggi dari jajaran ROG Zephyrus dan versi upgrade dari ROG Zephyrus S GX502, untuk harga yang lebih terjangkau bisa memilih ROG Zephyrus M GU502 dan tentu memiliki fitur yang sedikit berbeda dengan saudaranya GX502 dan GX701.

 

Ketiga laptop gaming ini sangat portable sehingga ringkas dengan bobot yang ringan dan mudah dibawa bepergian. ROG Zephyrus terbaru memiliki spesifikasi gahar yang dapat melibas game mainstream saat ini. Dengan desain yang lebih casual nan elegan, membuat ketiga laptop gaming ini bisa dibawa ke acara formal atau meeting dengan klien dengan tampilan fashionable.

 

Selain performa ngebut dan desain ringkas, hal lain yang membuat saya jatuh cinta yaitu layar dengan bezel tipis bersertifikasi Pantone, hal ini menjadi nilai lebih bagi profesional ataupun content creator. Dengan alasan performa tinggi, desain ringkas dan layar yang berkualitas, laptop gaming Zephyrus terbaru ini bisa memenuhi kebutuhan saya dalam menyelesaikan pekerjaan yang tak jauh dari dunia multimedia seperti desain grafis, foto dan video.

 

Setelah menghadiri acara Be Unstoppable dan mencari tahu spesifikasi laptop gaming yang ditawarkan, semakin yakin pula ingin meminang laptop gaming ROG Zephyrus.  Ada baiknya sebelum memiliki laptop gaming yang diinginkan, kita harus survey dan mencoba terlebih dahulu. Seperti foto di bawah ini, sudah cocok belum saya dengan ROG Zephyrusnya? Hehehe..

 

 

Semoga informasi ini bisa membantu kalian menentukan pilihan, terutama bagi yang mencari laptop gaming mumpuni, layar berkualitas, desain elegan dan bobot ringan. ROG Zephyrus S atau ROG Zephyrus M bisa menjadi jawaban kalian, untuk info lebih lengkap bisa kepoin laptop gamingnya di web resmi ASUS ROG dengan klik di sini.

 

Main Spec. ASUS ROG Zephyrus S GX502
CPU 9th Gen Intel Core i7-9750H Processor Hexa Core (12M Cache, up to 4.5GHz)
Operating System Windows 10
Memory 16GB DDR4 2666MHz SDRAM

32GB DDR4 2666MHz SDRAM

Storage 512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display 15,6” (16:9) IPS-level FHD (1920×1080), 144Hz / 240Hz 3ms, 100% sRGB, Pantone Validated Display
Graphics NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM

NVIDIA GeForce RTX 2070 8GB GDDR6 VRAM

Input/Output 2 x USB 3.1 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen2), 1 x USB 3.1 Type-A (Gen2), 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI, 1 x Ethernet port
Camera Optional
Connectivity Wi-Fi 5(802.11ac) 1*1 + Bluetooth
Audio 2 x 1W speakers with Smart AMP technology, Array Microphone, DAC, ESS
Battery 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 36.0(W) x 25.2(D) x 1.89 ~ 1.89(H) cm
Weight 1,99Kg
Colors Metal Black
Price Start from Rp35.999.000

***

Main Spec. ASUS ROG Zephyrus S GX701
CPU 9th Gen Intel Core i7-9750H Processor Hexa Core (12M Cache, up to 4.5GHz)
Operating System Windows 10
Memory 32GB DDR4 2666MHz SDRAM
Storage 1TB M.2 NVMe PCIe SSD
Display 17,3” (16:9) IPS-level FHD (1920×1080), 144Hz 3ms, 100% sRGB, Pantone Validated Display
Graphics NVIDIA GeForce RTX 2070 8GB GDDR6 VRAM

NVIDIA GeForce RTX 2080 (Max-Q) 8GB GDDR6 VRAM

Input/Output 2 x USB 3.1 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen1), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen2), 1 x USB 3.1 Type-A (Gen2), 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI
Camera External Camera with 1080p 60fps recording
Connectivity Wi-Fi 5(802.11ac) 2*2 + Bluetooth 5.0
Audio 2 x 4W speakers with Smart AMP technology, Array Microphone
Battery 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 39.9(W) x 27.2(D) x 1.87 ~ 1.87(H) cm
Weight 2,6Kg
Colors Metal Black
Price Rp48.999.000 / Rp57.999.000

***

Main Spec. ASUS ROG Zephyrus M GU502
CPU 9th Gen Intel Core i7-9750H Processor Hexa Core (12M Cache, up to 4.5GHz)
Operating System Windows 10
Memory 8GB DDR4 2666MHz SDRAM
Storage 512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display 15,6” (16:9) IPS-level FHD (1920×1080), 144Hz
Graphics NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti 6GB GDDR6 VRAM
Input/Output 2 x USB 3.1 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen2), 1 x USB 3.1 Type-A (Gen2), 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI, 1 x Ethernet port
Camera Optional
Connectivity Wi-Fi 5(802.11ac) 1*1 + Bluetooth
Audio 2 x 1W speakers with Smart AMP technology, Array Microphone, DAC, ESS
Battery 50WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 36.0(W) x 26.8(D) x 1.49 ~ 1.57(H) cm
Weight 2,1Kg
Colors Metal Black
Price Rp25.999.000

***

Written by 

penyuka teknologi, gadget, fotografi, traveling dan kuliner

2 thoughts on “ROG Zephyrus Dibekali Prosesor 9th Gen Intel Core Menjadi Andalan Gamers dan Profesional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *