Sony RX0 II Kamera Mungil dan Praktis Dengan Video 4K

Sony RX0 II Standing

Kebutuhan akan foto dan video kini makin beragam, action camera atau kamera kecil yang bisa dibawa kemana-mana pun masih bisa dihitung jari merknya, kali ini Sony mengeluarkan kamera mungil tapi dengan spesifikasi dan fitur yang mumpuni yaitu Sony RX0 II.

 

Sony RX0 II Standing

Sony memperkenalkan tambahan terbaru yang menarik pada lini kamera ringkasnya yang sangat populer dengan meluncurkan kamera ringkas premium paling kecil dan paling ringan di dunia, RX0 II (model DSC-RX0M2).

 

Dirancang dengan kualitas dari RX0 yang pertama yaitu tahan air/tahan debu, tahan guncangan, tahan tindihan dan sangat ringkas, model terbaru ini menawarkan perekaman video internal 4K; layar LCD yang dapat ditekuk hingga 180 derajat ke atas dan 90 derajat ke bawah, dan dapat berfungsi di dalam air, serta solusi stabilisasi gambar terbaru untuk perekaman video.

 

Pada inti dari RX0 II terdapat sensor gambar tipe 1.0 15,3 megapixel Exmor RS serta mesin prosesor gambar BIONZ X yang memberikan reproduksi warna yang diperkaya dan dapat menghasilkan warna kulit yang indah. Kombinasi ini telah dioptimalkan dengan pilihan sensitivitas luas yaitu ISO 8011 – 12800. Lensa wide-angle fixed ZEISS Tessar 24mm f/4.0 memiliki jarak fokus minimal menjadi 20cm, membuatnya sempurna untuk selfie dan foto di atas meja.

 

Kamera Flexible Dalam Segala Kondisi

Sony RX0 II adalah kamera “worry-free” yang dapat dibawa ke tempat-tempat yang tak terjangkau oleh kamera lain. Dengan ukuran hanya 59mm x 40,5mm x 35mm dan dengan berat hanya 132gr, RX0 II dapat dengan mudah masuk ke dalam kantong dan tahan banting. Kamera ini tahan air hingga kedalaman 10 meter, anti debu, anti guncangan dan tahan tindihan hingga tekanan seberat 200kg.

 

Sony RX0 II single stand

 

“Tujuan awal pembuatan RX0 adalah untuk membuat kamera yang memberikan wujud baru ekspresi kreatif melalui faktor bentuk dan kemampuan teknisnya,” ucap Kazuteru Makiyama, President Director, Sony Indonesia.

 

Video 4K

Sony RX0 II memiliki perekaman video internal berkualitas 30p, 4K dengan pixel readout penuh dan tanpa pixel bining untuk mengumpulkan sekitar 1,7 kali jumlah data yang dibutuhkan untuk video 4K. Oversampling ini mengurangi munculnya moire dan jaggies serta menghasilkan video 4K yang halus dan berkualitas tinggi dengan detil dan kedalaman yang luar biasa. Dengan aplikasi seluler ‘Imaging Edge’ terbaru, video dapat ditransfer ke smartphone, diedit dan dikirim dengan mudah melalui jaringan sosial.

 

RX0 II tahan debu

 

Sony RX0 II memperkenalkan stabilisasi elektronik in-body untuk pengambilan video yang stabil meskipun video diambil saat kamera digenggam. Video dapat diekspor ke smartphone atau tablet yang menggunakan aplikasi ‘Movie Edit add-on’ di mana perekaman video dapat diproses dengan kehalusan seperti menggunakan gimbal.

 

Fitur tambahan baru menggunakan Sony ‘Movie Edit add-on’ adalah ‘Intelligent Framing’ di mana subyek yang terpilih tetap berada di tengah frame dan distorsi gambar dikoreksi pada editan akhir. Tergantung di mana video akan dibagikan, rasio aspek yang dibutuhkan dapat dipilih.

 

Fitur film tambahan pada Sony RX0 II termasuk perekaman video Super Slow Motion hingga 1000 fps, hasil 4K HDMI yang tidak terkompresi dan perekaman film proxy dalam waktu bersamaan. Pengguna dapat menggunakan fungsi-fungsi Picture Profile, S-Log dan Time Code / User Bit untuk memastikan hasil akhir yang sangat sesuai dengan visi kreatif mereka.

 

Peningkatan Fitur Fotografi

Keserbagunaan kamera RX0 II mengedepankan Anti-distortion Shutter hingga 1/32000 detik dan dapat mengambil gambar hingga 16 fps untuk menangkap setiap momen emosi pada wajah subyek. Serta pilihan ‘Soft Skin Effect’ dapat digunakan untuk menutupi ketidaksempurnaan kecil pada warna kulit dan keriput.

 

Baca juga : Ricoh GR III Siap Nyetrit di Indonesia

 

Eye AF milik Sony RX0 II telah mengalami peningkatkan kecepatan, ketepatan dan operasi Eye AF telah diperbarui untuk membuatnya lebih mudah mengambil foto yang menawan; fokus pada mata obyek dapat dipilih (kiri/kanan/auto) di menu atau pada tombol khusus, agar pengguna dapat berkonsentrasi pada komposisi.

 

Kamera ini dapat diatur untuk pengambilan gambar interval dan hasilnya dapat disunting menjadi video time-lapse yang indah dengan menggunakan ‘viewer’ aplikasi komputer “Imaging Edge” milik Sony.

 

Hingga 5 kamera RX0 II dapat dikendalikan secara nirkabel menggunakan aplikasi Sony “Imaging Edge Mobile” dan antara 6 hingga 50 kamera dapat dikendalikan melalui titik akses (dijadwalkan untuk musim panas 2019). Solusi multi-kamera ini membuka banyak sekali pilhan baru dalam pengambilan gambar dan kebebasan berekspresi dalam pengambilan video dari angle manapun yang diinginkan pengguna.

 

Sony RX0 II terbaru akan tersedia di Indonesia pada akhir bulan Mei dengan harga Rp. 9.999.000, ada paket khusus untuk pembelian Sony RX0 II secara pre-order dari tanggal 27 April – 12 Mei 2019 (1 unti Sony RX0 II + 1 unit GP-VPT1 shooting grip (senilai Rp. 1.499.000) dengan harga Rp. 9.999.000.

 

 

Written by 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *