Food Photography bisa dengan gawai

Belajar foto itu bisa kapan saja dan di mana saja, termasuk dengan kamera DSLR, Mirrorless atau pun dengan gawai (smartphone). Belakangan ini fotografi dengan gawai banyak diminati masyarakat luas, salah satu alasannya karena praktis, mudah dibawa dan harga yang lebih terjangkau.

Seiring dengan kemajuan teknologi, perkembangan kamera gawai terus meningkat sehingga foto yang dihasilkan sudah sangat baik sekali dan jauh dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Minat masyarakat terhadap fotografi pun sangat beragam, ada yang  kategori landscape, human interest, still life dan jika dipecah lagi akan semakin banyak lagi seperti food, fashion, model, street, underwater, sports, black and white, product, macro dan masih banyak lainnya.

Kali ini saya tertarik untuk belajar lebih fotografi terutama mengenai makanan dan minuman atau yang biasa dikenal dengan Food Photography, tidak  hanya menggunakan kamera canggih dan mahal food photography bisa dilakukan dengan gawai yang dimiliki oleh kita sendiri.

Rabu 25 Juli kemarin saya mengikuti workshop “Capturing Good Photo using Smartphone” yang diadakan oleh Foody Indonesia bertempat di kantor PT. Foody Direktori Indonesia, Pasific Century Place Tower Lt. 29, SCBD Lot 10. Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan.

lobby

Foody Indonesia (www.foody.id) atau PT Foody Direktori Indonesia berdiri sejak Agustus 2015, hasil ekspansi Foody Corporation yang berbasis di Vietnam  ke Indonesia dan berkembang menjadi platform utama direktori restoran dan makanan terbaik di tanah air khususnya DKI Jakarta. Selain itu Foody Indonesia berkembang ke kota lain dengan basis komunitas yang sangat kuat di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya dan Bali.

Kebetulan saya datang ke acara workshop telat karena ada hal yang harus dikerjakan dahulu, jadi saya  terlewat untuk materi menarik yang dijelaskan seperti platform Foodyid, Foody Branding Types dan Target Users.

table

Saya masuk ruangan ketika materi yang dijelaskan oleh Jajanbeken, siapa yang belum tau Jajanbeken? Coba deh intip instagramnya, fotonya udah pasti kece sama konten foody nya yang bikin ngiler.

Jajanbeken ini bawain materi Food Photography dan pada kesempatan ini Food Photography menggunakan gawai / smartphone, ada 4 point yang harus diperhatikan dalam Food Photography yaitu :

  1. Food Styling
  2. Best Angle
  3. Timing
  4. Editing

 

  1. Food Styling

Dalam food styling terdapat element atau bahan-bahan yang digunakan dan          mewakili dalam tema food phorography itu sendiri, selain itu ada composition yaitu letak atau posisi element food photography yang digunakan tadi.

 

Food Styling

Rule of Third

Rule of third biasanya menggunakan 2 garis tegak lurus yang membagi 9 bagian di layar kamera, perteuan dari garis” tersebut menciptakan 4 titik di tengah layar. Untuk objeck tertentu bisa diposisikan pada salah satu titik tersebut dan akan menciptakan kompoisisi foto yang lebih menarik,  teknik ini biasa digunakan dalam photography secara umum maupun food photography.

Rule of Third

Rule of Color

Dalam menyusun komposisi foto kita harus terbiasa atau hafal dengan urutan warna, contohnya untuk makanan yang berwarna kuning didekatkan dengan unsur yang berwarna hijau atau yang berseberangan menghasilkan warna kontras seperti warna oranye dengan  dengan biru dan hijau.

Rule of Color

2. Best Angle

Dalam membuat foto yang menarik angle atau sudut pandang harus diperhatikan juga, untuk angle dalam food photography terdapat 3 angle terbaik yang biasa digunakan :

    1. Eye Level
    2. 45 Degree
    3. Top Shot
Best Angle

3. Timing / Lighting

Dalam membuat foto makanan atau minuman pencahayaan/lighting terbaik yaitu pencahayaan yang berasal dari matahari, pencahayaan alami dari matahari sangat berpengaruh dari waktu atau timing sehingga hasil fotonya dapat berbeda-beda, dalam membuat foto makanan atau minuman biasanya dilakukan dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore untuk menghasilkan foto dengan cahaya yang cukup baik.

Timing-Lighting

Setelah semua materi dijelaskan semua peserta workshop diajak turun ke lantai 28, ternyata di lantai 28 ada semacam ruang makan yang luas dengan pemandangan keluar gedung” perkantoran dan cityscape. Kita diajak masuk ke ruangan lagi di ujung ruangan dan di sana sudah disiapkan kue red velvet lengkap dengan alas foto dan property lainnya, property ini sengaja disiapkan untuk peserta agar bisa praktek langung membuat foto yang baik sesuai arahan dari ahlinya.

food court

Sehabis Jajanbeken menjelaskan teori tentang Food Photography dengan gawai, kini saatnya peserta workshop membuat foto dengan gawai yang dimiliki. Sambil Jajanbeken menjelaskan briefingnya, peserta lain diperbolehkan memulai untuk foto-foto dan merubah food styling sesuai keinginan sendiri.

sdr

Semua peserta workshop diberi waktu dan diminta membuat foto dengan property yang tersedia kemudian diupload ke akun instagram masing”, diberi caption bebas dan jangan lupa tag ke akun foodyid. Setelah itu panitia akan memilih foto-foto yang paling menarik dan tentu saja ada hadiah untuk dibawa pulang bagi pemenang .

Setelah waktu habis lalu pantia mengumumkan para pemenang, alhamdulillah foto saya terpilih menjadi juara 2. hehehehe.. Nah ini foto-foto yang saya buat dan upload di instagram pribadi @_drwn :

dav

dav

dav

Setelah ini mudah”an saya diudang lagi di acara workshop bareng Foody Indonesia dan Jajanbeken dengan tema Food Photography yang lebih kece lagi.

 

 

 

 

 

Spesifikasi Zenfone Max Pro Buat Para Gamers

M1 display

Pertengahan bulan Mei 2018, Zenfone Max Pro M1 diperkenalkan oleh Asus Indonesia. Pangsa pasarnya ditujukan khususnya untuk para gamers karena spesifikasi yang mumpuni membuat para gamers mendapatkan pengalaman menarik dalam bermain game. Tanpa lag, grafik yang maksimal, baterai yang besar dan tentunya harga yang sangat terjangkau. Berikut ini spesifikasi dari Zenfone Max Pro M1 :

Model

ZenFone Max Pro M1 (ZB602KL)

Display, Resolution

Full HD+ 2.160 x 1.080 pixel, 18:9 Full View Display

2.5D curve glass with 450nits

SoC Processor

CPU

Qualcomm Snapdragon 636 8x (octa-core) 14nanometer

Kryo 260 CPU up to 1.8GHz

GPU

Qualcomm® Adreno™ 509 GPU

Memory

RAM / Storage

LPDDR4 3GB RAM , 32GB ROM

LPDDR4 4GB RAM , 64GB ROM

LPDDR4 6GB RAM , 64GB ROM

Supports up to 256GB MicroSD, 100GB Google Drive (free 1 year)

Camera System

Rear (main)

Camera

13MP / 16MP with f/2.0 Aperture, Phase Detection Auto Focus, LED flash

Rear (wide)

Camera

5MP / 8MP 120o wide-angle camera for 200% wider view for bokeh effect

Front Camera

8MP / 16MP, LED flash

Camera Feature

PixelMaster 4.0 camera mode:
Beauty, Auto (with HDR features), Selfie Panorama, GIF Animation
Wireless WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, Wi-Fi direct
Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Face Recognition, Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient Light Sensor, Gyroscope
SIM card and SD slot Triple Slots: dual SIM, one MicroSD card

Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 3: Supports up to 256GB MicroSD card

Both SIM card slots support 3G WCDMA / 4G LTE network band. But only one SIM card can connect to 4G LTE service at a time.

Network FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM

Data rate:

DC-HSPA+ (DL/UL): 42/5.76 Mbps; LTE CAT 7 (DL/UL): 300/150 Mbps, 3CA support

GPS GPS, AGPS, Glonass, BDS
OS Pure Android 8.0 Oreo
Battery 5.000mAh capacity with fast chargingASUS PowerMaster technology2x longer battery lifespan, up to 35 days 4G standby, up to 42 hours 3G talk time, up to 20 hours video playback, up to 28 hours Wi-Fi web browsing
Audio / Microphone Loud speaker, PMIC internal amplifier, Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology, FM Receiver
Size / Weight 159 x 76 x 8.46 mm / 180 grams
Color Deepsea Black and Meteor Silver

Harga resmi dari Asus Indonesia :

Rp 2.299.000 (3GB/32GB)
Rp 2.799.000 (4GB/64GB)
Rp 3.299.000 (6GB/64GB)

Demikian informasi yang bisa gw share, mudah”an berguna bagi yang membutuhkan.

 

 

 

Zenfone 5 dan Zenfone Live L1: Trend Harga Murah, Spesifikasi Menakjubkan

Kamis 17 Mei 2018, Asus balik lagi nih mengeluarkan Zenfone terbaru, kabarnya akan dikenalkan di awal Mei tapi karena ada sesuatu hal maka baru pertengahan Mei kemarin dihajatkan dengan lokasi terpilih Four Season Hotel Jakarta.

Serasa baru saja kemarin launching Zenfone 4 Max Plus kemudian disusul Zenfone Max Pro (M1) dan Zenfone 5Q, kini sudah hadir Zenfone 5, Zenfone 5Z dan Zenfone Live (L1). Perhelatan acara tentunya dihadiri oleh zenfans, youtuber, media dan distributor, sepertinya kali ini pengunjung yang hadir lebih terbatas dibanding sebelumnya.

Opening

Di awal acara Zenfone 5 dan Zenfone 5Z diperkenalkan dengan balutan design premium dan teknologi terkini Artificial Intelegent (AI) yang melekat di setiap fitur Zenfone 5, selain itu Zenfone Live terbaru dengan berbagai fitur menarik yang ditawarkan.

Zenfone 5 membawa fitur baru seperti teknologi AI (Camera, display, ringtone, boost, charging dan photo learning), layar FHD+ dengan rasio 19:9. ZenEar Pro sebagai bundling sampai fitur terbaru fast respon face & finger unlock di Zenfone Live (L1).

Buat yang belum tau hasil skor dari DxOmark, Zenfone 5 ini menghasilkan angka yang sangat baik yaitu 90 poin. Sedangkan hasil skor yang dihasilkan Antutu untuk Zenfone 5Z yaitu 274499 mengalahkan kompetitor lain seperti Sony Experia XZ2, Samsung S9+ dan Huawei Mate 10 Pro. Skor tinggi tersebut dihasilkan berkat jasa fitur terbarunya AI Boost.

5z7

5z8

Tatjana Saphira yang saat ini masih menjadi Brand Ambassador (BA) Asus Zenfone akhirnya maju ke atas panggung, mempromosikan produk terbaru Asus Zenfone Live L1, Zenfone 5 dan Zenfone 5Z.

5z15

Mengenai harga, Asus langsung mengumumkan secara resmi harga di Indonesia :

Zenfone 5Z 6GB/128GB Rp 6.499.000

Zenfone 5Z 8GB/256GB Rp 7.499.000 

Zenfone 5 Rp. 4.299.000

Zenfone Live (L1) 3GB/32GB Rp 1.699.000 

Zenfone Live (L1) 2GB/16GB Rp 1.399.000 

5z11

5z12

5z14

Beberapa waktu yang lalu di awal peluncuran produk Zenfone ini,  penjualannya melalui flash sale di Lazada dan JD.ID . Zenfone 5 Rp 3.999.000 dan Zenfone Live (L1) Rp. 1.299.000 

Nah ini penampakan langsung dari Zenfone terbarunya

5z18

5z17

 

5z19

 

5z20

Gimana menurut lo? Klo gw sih tertarik sama Zenfone 5, harga dan speknya menggoda. hehehehe..

 

 

 

 

 

 

(Unboxing) Smartphone Honor 9 Lite, Design Premium dengan 4 Kamera

Di akhir April 2018, gw ikutan lomba foto yang diadain Honor Indonesia. Lomba foto menggunakan Honor 9 Lite yang dipinjamkan dan bertempat di Taman Mini Indonesia Indah, Alhamdulillah gw juara 1 dan dapet hadiah Honor 9 Lite. Kali ini gw mau unboxing Honor 9 Lite nya ya..

Pertama” gw mau ngasih liat kardus alias box dari Honor 9 Lite dulu nih. Box dari Honor 9 Lite warna birunya yang memberi kesan adem, semangat dan ceria

Box 1

Box 2

Box 3

 

Sudah ada Sticker hologram Icool sebagai distributor resminya

Box 4

 

Honor 9 Lite resmi sudah made in Indonesia

Box 5

Segel resmi

Box 6

Nah sekarang mari kita buka dan liat isi dari box nya yuk

Unbox 2

Isi lengkap dari box nya berupa :
         Handset Honor 9 Lite
         Hardcase
         Kepala Charger
         Kabel data micro usb
         Sim ejector
         Earphones
         Kartu garansi
         Panduan

Di bagian body luarnya kita liat :

Bagian atasnya polos aja gan

Bagian atas

Bagian bawah terdapat port micro usb, jack audio 3,5 mm, mikrofon primer, dan speaker.

Bagian bawah

Bagian sisi sebelah kanan terdapat tombol volume dan power

Samping kanan

Bagian sisi sebelah kiri terdapat slot hybrid dua sim card

Samping kiri

Bagian depan dengan fullview display

Depan

Bagian depan atas terdapat 2 kamera, earpiece, dan sensor

Depan atas

Bagian depan bawah terdapat logo honor yang minimalis kece

Depan bawah

Bagian belakang menghasilkan refleksi yang memukau

Belakang

Bagian belakang atas terdapat 2 kamera, mikrofon sekunder, lampu kilat dan pemindai sidik jari

Belakang atas

Bagian belakang bawah terdapat logo honor
Belakang bawah

 

Kesan pertama gw buka box keren banget gan, ketika memegang smartphone ini seperti memegang smartphone premium dengan harga mahal di atas 4 jutaan, body yang keren 2,5D, sudah menggunakan 4 kamera, body belakang seperti kaca yang kece abis, aksesoris bawaan yang lengkap mulai dari charger dan kabelnya, sim ejector, hardcase dan earphones. Body nya pun enak digenggam, layar sudah fullview nyaman untuk nonton atau main game.
Buat yang mau beli di flash sale atau offline wort it banget gan sis, harga 2 jutaan dengan 4 kamera dan design premium dengan kualitas dan materialnya  yang udah pasti bagus banget.
Sekian share dari gw mudah”an thread ini berguna bagi yang membutuhkan.

 

Udah ngga zaman Smartphone Gaming pake harga mahal

Mungkin udah pada tau ya beberapa waktu yang lalu sempat heboh soal launching dan flash sale smartphone yg kekinian. Smartphone yang enak buat gaming dan hanya dalam 15 detik saja smartphone ini sudah ludes..
 
Nah di sini gw mau share tentang launching smartphone gaming yang 15 detik kemarin laku keras dan banyak dicari orang, namanya Asus Zenfone Max Pro M1. Hanya berselang beberapa bulan sejak Zenfone Max Plus M1 diluncurkan, kali ini Zenfone Max Pro M1 diperkenalkan pertama kali di Indonesia dan dunia.  
Zenfone Max Pro M1 Launch

Bertempat di Pasific Place Jakarta, tanggal 23 April 2018 Asus melangsungkan peluncuran produk Zenfone terbarunya. Sebelum masuk ke ruang utama, para undangan dijamu oleh jejeran produk Asus Zenfone dari generasi pertama hingga generasi terbarunya.           

       

P_20180423_130724.jpg

 

Tak biasa pembukaan acara tidak dihadiri CEO Mr. Jerry Shen, kali ini Mr. Eric Chen selaku Asus Corporate Vice President membuka acara dan menyambut para undangan di ruangan. 

Dilanjut Mr. Benjamin Yeh selaku Asus South East Asia Regional Director menjelaskan produk unggulan dari Zenfone yang menerapkan teknologi terbaru pertama kali di dunia. Kemudian Mr. Ben menjelaskan Zenfone seri Max yang mengandalkan baterai besar untuk memenuhi kebutukan parapengguna smartphone, dimulai Zenfone Max, Zenfone 3 Max dan Zenfone 4 Max. 
Mr. Ben juga menjelaskan tentang survey dari pengguna smartphone khususnya ZenFans di Indonesia, fitur apa saja yang digunakan dan sangat dibutuhkan. Hasil survey tersebut berpengaruh terhadap produk Zenfone di masa yang akan datang khususnya di tahun 2018. Dan pada hari itu produk hasil dari survey para pengguna smarphone di Indonesia dikenalkan. Smartphone dari Indonesia, untuk Indonesia dan pertama di Indonesia, Zenfone Max Pro M1 dengan slogan Limitless Gaming.  #InspiredByZenFans
Giliran Mr. Galip Fu selaku Marketing Manager Asus Indonesia maju ke depan, di sini Mr. Galip membahas trend terbaru yang sedang digandrungi yaitu mobile gaming. Smartphone gaming semakin diminati dari pada PC dan menurut data yang didapat bahwa market value smartphone gaming semakin besar melebihi PC gaming. Begitu pula dengan populasi mobile gamer di Indonesia yang berbanding lurus mencapai 54.7 M pada tahun 2019. 
Data mobile populasi.jpg
Berdasarkan survey dan data yang dipaparkan Mr. Galip, Asus menjawab kebutuhan mobile gamer dunia dengan meluncurkan Zenfone Max Pro 1 dengan segala keunggulannya, dimulai dari chipset yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 636 dengan fabrikasi 14nm, Kyro 260 CPU, Adreno509 GPU. Hasil Antutu nya juga menghasilkan score yang memuaskan melebihi score merk sebelah. 
ProM1Antutu.jpg
Ketagihan main game PUBG? Yak game di smartphone ini yang sedang digandrungi mobile gamers belakangan ini, Zenfone Max Pro M1 ini dapat memainkan game tanpa lag dan dapat bertahan hingga 7 jam dalam satu kali pengisian baterai, pengisian baterainya pun sangat cepat. Untuk baterai kapasitas 3000mAh bisa terisi penuh hanya dalam waktu 1 jam 10 menit dan baterai kapasitas 5000 mAh terisi penuh hanya 2 jam 42 menit.
Kali ini Mr. Mantosh Malhotra selaku President SEA, Qualcomm Incorporated juga hadir dan majudepan panggung. Mr. Mantosh memberi penjelasan tentang keunggulan chipset Qualcomm Snapdragon 636 yang di gunakan Zenfone Max Pro M1. 
Tidak lupa di acara ini menghadirkan para gamers yang sudah berpengalaman loh.. Setelah para gamers bercerita di atas panggung, Mr. Galip meneruskan penjelasan tentang keunggulan di sektor kamera Zenfone Mx Pro M1. Kamera belakang utama 13 MP dengan PDAF, kamera belakang kedua 5 MP dan kamera depan dengan 8 MP fitur Portrait dilengkapi softlight LED. Oiya Zenfone Max Pro M1 ini sudah 4K Ultra HD loh untuk video recordingnya, keren kan.. 
Udah pada tau Raditya Dika kan? Ternyata dia ini sekarang dinobatkan menjadi Video Director for Zenfone Max Pro M1 Commercial, di video nya ada bule bekasi gitu yang jadi talentnya.
Zenfone 5Q
 
Tak disangka selain peluncuran Zenfone Max Pro M1, di acara ini Zenfone generasi kelima juga dikenalkan. Zenfone 5Q (Zenfone 5 Lite) ini dijelaskan oleh Brand Ambassador Zenfone Indonesia Tatjana Saphira, Zenfone 5Q dengan slogan Ultra Wide Shot dengan 4 kamera dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 630, Kamera belakang 20 MP, kamera depan 16 MP120 wide angle untuk kamera depan dan belakang, triple slot untuk 2 sim card aktif dan satu micro sd, NFC dan baterai 3300 mAh.
Yang ditunggu-tunggu segera dimulai yaitu pengumuman harga untuk Zenfone terbaru, Mr. Ben mengumumkan Zenfone 5Q ini diberi harga Rp. 3.499.000, Zenfone Max seri basic Rp. 1.899.000,  Zenfone Max Pro 6GB / 64GB Rp. 3.299.000, Zenfone Max Pro 4GB / 64GB Rp. 2.799.000, dan Zenfone Max Pro 3GB / 32GB dengan harga Rp.2.299.000. Cukup terjangkau bukan? spesifikasi tinggi tapi harganya ngga masuk akal lebih murah dibanding merk lain. 
P_20180423_151828.jpg
P_20180423_151912.jpg
P_20180423_152239.jpg
32.jpg
Masih kurang murah? tenang Asus lagi kerjasama dengan Lazada untuk penjualan perdana Zenfone Max Pro M1 ini nih gan harganya Rp. 2.199.000 dengan sistem flash sale ya. Mulai tanggal 25 April 2018, yang kabarnya hanya dalam 15 detik langsung ludes kebeli semua, tapi jangan khawatir karena infonya Asus akan melakukan flash sale di Lazada kembali. Untuk penjualan tipe lain dan pembelian offline tunggu kabar resmi dari Asus Indonesia ya..
 ProM1HargaFSLazada.jpg
Gw jadi pengen juga klo harga murah dengan spek seperti itu, hehehehe
Oiya sekalan juga liat” sambil pegang smartphonenya yang ada di ruang display, siapa
tau rezeki bisa dibawa pulang Zenfone Max Pro M1 atau Zenfone 5Q..
ProM1display.jpg
Zen5Qdisplay.jpg
Btw setelah acara berakhir di acara ini para Zenfans diajak untuk meeting bersama petinggi Asus untuk sharing, beberapa Zenfans juga mengikuti kontest kostum layaknya cosplay.
Di penutup acara hari itu Zenfans juga diajak Gala Dinner bersama para distributor, media, blogger dan youtuber. Sungguh kesempatan yang langka untuk Zenfans, mudah”an ke depannya bisa lebih baik lagi dari berbagai aspek.

Read more